Sekda Ketapang Meresmikan Perdana Kapal Peti Kemas Pelabuhan Sukabangun.

KABUPATEN KETAPANG,

Sekda Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo, S.STP.,M.Si meresmikan Kapal Peti Kemas Perdana di Pelabuhan Sukabangun Jalan Gajah Mada Nomor 544 Desa Sukabangun, Kecamatan Delta Pawan Kabupaten Ketapang, Jumat (26/04/2024).

Bacaan Lainnya

Sekda Ketapang didampingi Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Ketapang, Akia, M.Sos, bersama Forkopimda.

Turut hadir Danlanal Ketapang, Letnan Kolonel (Letkol) Laut (P) Ivan Halim, Manager Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Pontianak, Ambar Wiyadi, Kapolsek Pelabuhan Sukabangun, IPTU Nefta Alimudin, Dan Posmat Ketapang, Letda (P) Laut, M. Ridwan, Pihak Pengusaha, serta Tokoh Masyarakat,

Peresmian Kapal Peti Kemas Perdana PT Salam Pacific Indonesia Lines (PT SPIL) merupakan yang pertama untuk Kontainer di Ketapang, dan bukti nyata PT SPIL untuk memajukan daerah Ketapang, dengan moto.

“MELAYANI LEBIH LUAS MEMBANGUN LEBIH BESAR”.

Dalam kata sambutannya Sekda Ketapang, Alexander Wilyo, S.STP., M.Si menyampaikan.” Pada hari saya mewakili bapak Bupati peresmian penyadaran perdana Kapal Peti Kemas di Pelabuhan Sukabangun, saya kira ini sejarah baru bagi Ketapang, dan ini luar biasa lebih dan cepat besar untuk kemajuan Ketapang.

Kita tau sendiri kelancaran perekonomian suatu daerah, salah satunya kemudahan dalam hal barang dan jasa. Hadirnya peti kemas ini, saya yakin bahwa arus barang dan jasa untuk Ketapang ini, dengan semangkin mudahnya arus barang dan jasa ekonomi kita akan terus lebih baik.

Nantinya kehadiran peti kemas ini memberikan dampak efek yang luar biasa pada sektor maupun sub sektor ekonomi lainnya, sehingga kita optimis Kabupaten Ketapang, akan semangkin berkembang dan semangkin kemajuan, ujarnya

Lanjut Sekda Ketapang. Mari kita membangun sinergi, mari kita membangun edukasi hari ini adalah contohnya kita edukasi dengan Pelindo, swasta, dan pihak investor, sehingga dampaknya luar biasa untuk Kabupaten Ketapang, sebut Sekda Ketapang Alexander Wilyo.

Kemudian Komandan Lanal (Dan Lanal) Ketapang, Letkol Laut (P) Ivan Halim mengatakan.” Sebagai salah satu Forkopimda disini, dengan adanya peti kemas ini. Tentunya ini langkah yang sangat besar untuk Kabupaten Ketapang, Sehingga roda ekonomi semangkin hidup, tentu harapannya Ketapang, semangkin berkembang, semangkin maju. Untuk sosial kontrol nanti kita sesuaikan dengan situasi dilapangan baik kita bekerja sama dengan Pelindo, KSOP dan sebagainya, tutur Letkol Laut (P) Ivan Halim.

Manager Pelindo Pontianak Ambar Winyadi menegaskan. Semenjak dibangunnya pelabuhan Sukabangun Ketapang ini, satu setengah tahun lalu sudah banyak beberapa perusahaan pelayaran akan masuk ke Ketapang. Karena kalau dilihat perekonomian khususnya masyarakat Ketapang, ternyata Ketapang ini menurut mereka pasar Ketapang cukup bagus. Ini yang disampaikan Pak Sekda terkait peti kemas. Kata Ambar.

Lanjut Ambar, pola operasinya peti kemas ditaruh dilapangan. Kita skiping sesuaikan dengan jalan dan diangkut secara diangsur dengan truk kecil/Pickup, kedepan akan beroperasi 247 artinya dari sisi hari aja kita sudah efektif dan efisien.

Kalau sudah berkembang Ketapang ini, akan luar biasa salah satunya port onjeksion pelaku usaha, karena dari sini kita teman- teman SPIL di Ketapang, bisa Go internasional melalui Pelabuhan Kijing Kabupaten Mempawah, Pungkasnya.

(UTI ISKANDAR).

Pos terkait