Ridwan Kamil; Saya Tenang Ko, Tidak Ada Bentuk Kepanikan

BANDUNG,newsinvestigasi-86.com

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan pernyataannya seusai dimintai keterangan di Mapolda Jabar terkait kerumunan di Mega Mendung pada Rabu (16/12/2020). Dirinya membantah seperti yang dilontarkan Menko Polhukam, Mahfud MD yakni sebuah “Bentuk Kepanikan”.

Bacaan Lainnya

“Saya ini tenang tidak mungkin panik. Ngomong aja santai, silakan teman-teman menafsirkan sendiri-sendiri”, ujar Ridwan Kamil kepada sejumlah awak media.

Ia mengatakan point yang
paling penting dari pernyataannya tersebut seusai dimintai keterangan di Mapolda Jabar, bahwa keadilan itu harus proporsional.

“Siapa yang bertanggung jawab dari awal sampai akhir, semua harus mendapatkan hak dan kewajiban yang sama di mata hukum. Oleh karena itu saya kira tidak akan memperpanjang”, ucapnya.

Meski demikian, Ridwan Kamil menegaskan apa yang disampaikan dan apa yang telah terjadi, bisa menjadi pengingat betapa bangsa Indonesia memerlukan hal-hal yang produktif untuk dituntaskan, apalagi di saat keadaan Bangsa dan Negara menghadapi COVID-19.

“Semoga ini jadi pengingat betapa Bangsa ini perlu hal yang produktif apalagi lagi kita dalam keadaan COVID-19,” katanya.

Sebelumnya Mahfud MD menjawab permintaan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk bertanggung jawab terkait dengan kerumunan massa pendukung Rizieq Shihab.

“Siap Kang RK. Saya bertanggung jawab. Saya yang umumkan HRS diizinkan pulang ke Indonesia karena dia punya hak hukum untuk pulang,” kata Mahfud melalui akun Twitternya @mohmahfudmd yang terpantau di Jakarta, Rabu.

Mahfud juga mengaku bahwa dirinya yang mengumumkan agar HRS boleh dijemput asal tertib dan tidak melanggar protokol kesehatan.

Mahfud melanjutkan bahwa diskresi yang diberikan pemerintah hanya sebatas penjemputan dan pengantaran Rizieq Shihab dari Bandara Soekarno-Hatta hingga ke Petamburan.

Mahfud pun berdalih bahwa penjemputan HRS di Bandara Soekarno-Hatta sudah berjalan tertib hingga HRS tiba di Petamburan pada sore harinya.

“Akan tetapi, acara pada malam dan hari-hari berikutnya yang menimbulkan kerumunan, sudah di luar diskresi yang saya umumkan”, ujar Mahfud.

(e.ruhita/riff).

Pos terkait