591 Prajurit TNI AL Calon Bintara Siap Ikuti Program Diktukbakat TA 2022

SURABAYA,

Setelah dinyatakan lolos dalam Sidang Penentuan Akhir (Pantukhir), TNI Angkatan Laut dalam hal ini Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) kembali mendidik Prajurit Calon Bintara dalam program Pendidikan Pembentukan Bintara Singkat (Diktukbakat) Tahun Anggaran (TA) 2022 yang dibuka langsung Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letnan Jenderal TNI Marinir Suhartono , pada Jumat (9/9).

Bacaan Lainnya

Pembukaan pendidikan yang dilaksanakan di lapangan Samudera Kesatrian Puslatdiksarmil Juanda Sidoarjo tersebut diikuti 591 personil dari berbagai kotama TNI AL di seluruh Indonesia. Hadir dalam pembukaan tersebut para pejabat utama Kodiklatal diantaranya Wadan Kodiklatal Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi, Irkodiklatal, para Direktur, para Komandan Kodik dan Pusdik dilingkungan Kodiklatal.

Dalam amanatnya Komandan Kodiklatal Letjen TNI Marinir Suhartono menyampaikan ucapan selamat atas keberhasilan para siswa untuk masuk dalam pendidikan Diktukbakat tahun anggaran 2022. Hal ini menurut orang nomor satu di jajaran Kodiklatal tersebut, menjadi suatu kebanggaan bagi keluarga karena perubahan status hierarki prajurit yang berubah dari semula Tamtama menjadi Bintara.

Adapun Diktukbakat ini akan dilaksanakan selama satu bulan di Puslatdiksarmil, dan bertujuan untuk mendidik, membekali dan membentuk para siswa agar mampu bersikap dan berperilaku sebagai prajurit bintara TNI AL yang tanggap, tanggon, trengginas dan profesional. “Melalui program diktukbakat ini diharapkan output yang dihasilkan oleh siswa yakni bukan saja cakap secara intelektual, namun kualitas moral sangat diutamakan. Untuk itu penyelenggaraan pendidikan di Kodiklatal dilaksanakan dengan pengawasan yang ketat dan melekat namun fleksibel,” terang Dankodiklatal.

Sebelum mengakhiri amanat, ada beberapa arahan dari Dankodiklatal yang perlu dipedomani dalam melaksanakan pendidikan antara lain meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT agar mampu menyelesaikan pendidikan ini dengan baik, aman dan lancar.

Selain itu siswa diimbau mengikuti semua perintah kegiatan dengan tekad dan semangat yang tinggi, tegakkan disiplin pribadi dan peraturan dinas dalam yang ditetapkan. Penekanan lainnya mematuhi dan laksanakan protokol Covid-19 dengan disiplin yang tinggi dimanapun para siswa belajar dan berlatih.

Sedangkan kepada Komandan Puslatdiksarmil khususnya Komandan Sekolah Bintara beserta para instruktur dan pembimbing siswa, Dankodiklatal berharap agar dapat melaksanakan program pendidikan ini dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab.

Sumber : Dinas Penerangan Kodiklatal.

( Endi Ruhita 65 )

Pos terkait