Tanamkan Mental Juang Bela Negara Sejak Dini, Danlanal Denpasar Buka Pelatihan Dasar Bagi Siswa Siswi SMP Albana

DENPASAR BALI,

Sebanyak 104 orang pelajar SMP Albanna Denpasar Bali mengikuti Program Pelatihan Dasar Bela Negara, Pembentukan Disiplin, dan Pembetukan Karakter Jiwa Bahari di Pangkalan TNI AL Denpasar Bali, yang dibuka secara resmi oleh Komandan Lanal (Danlanal) Denpasar Kolonel Marinir I Dewa Nyoman Gede Rake Susilo, S.E., di Gedung IGP. Dwinda Mako Lanal Denpasar Jalan Raya Sesetan 331 Denpasar Bali, Jumat (3/2/2023).

Bacaan Lainnya

Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini tidak lain untuk membentuk karakter kepemimpinan sejak dini, memberikan pelatihan kedisiplinan dan pembentukan mental juang berupa pengenalan bela negara agar peserta pelatihan nantinya dapat memahami bahwa pengetahuan tentang bela negara, pembentukan kedisiplinan dan karakter sangat diperlukan bagi siswa juga merupakan kewajiban sebagai warga negara dalam mempertahankan Negara kesatuan Republik Indonesia.

Dalam Sambutan Danlanal Denpasar menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan ini bagi siswa siswi SMP Albana adalah untuk memberikan pelatihan kedisiplinan, pembentukan mental juang berupa pengenalan bela negara secara dini serta pembentukan karakter.

Lebih lanjut Danlanal mengatakan, pemahaman bela negara harus dimulai sejak dini bagi siswa siswi sekolah agar nantinya mengerti akan pentingnya turut serta dalam upaya untuk mempertahankan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dimasa yang akan datang.

“Kegiatan pelatihan ini berlangsung selama dua hari, jadi diharapkan kepada seluruh siswa siswi agar mengikuti seluruh kegiatan dengan sungguh-sungguh dan penuh semangat, ikuti semua instruksi, arahan dan ilmu-ilmu yang diberikan oleh para pelatih”. Tegas Danlanal.

Diakhir amanatnya Danlanal juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala Sekolah, Dewan Guru dan Pembina Pramuka SMP Albana karena telah memberikan kepercayaan kepada Pangkalan TNI AL Denpasar dalam memberikan pelatihan ini, pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan pembukaan tersebut Paspotmar Lanal Denpasar, Pasminlog Lanal Denpasar, Dandenpomal Lanal Denpasar serta Kepala Sekolah dan Dewan Guru SMP Albana Denpasar.

Sumber : Pen Lanal Denpasar.

( Gus Arie 65 )

Pos terkait