Prajurit TNI AL Strata Bintara Ikuti Seleksi Tertulis Mental Ideologi di Kodiklatal

Surabaya,newsinvestigasi-86.com
16 Februari 2021.

Sebanyak 527 Prajurit Strata Bintara dari berbagai Komando Utama (Kotama) TNI Angkatan Laut mengikuti tes tertulis Mental Idiologi (MI) untuk memperebutkan kursi Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) TNI AL Angkatan ke – 51 tahun 2021 di Gedung Moeljadi dan Gedung RE Martadinata Kesatrian Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) Bumimoro Surabaya, Selasa (16/2/2021).

Bacaan Lainnya

Dari jumlah 527 peserta tes tersebut, berasal dari beberapa Korps diantaranya korps Pelaut, korps Marinir, korps Teknik, korps Elektronika, korps Suplai, korps Kesehatan, korps Khusus dan korps Polisi Militer (Pomal).

Untuk tes mental Idiologi yang dilaksanakan di dua gedung ini terbagi dalam dua tahap, tahap pertama berupa tes MI tertulis sedangkan tahap kedua adalah wawancara sekaligus Penelitian Khusus (Litsus).

Adapun dalam seleksi Diktukpa ini selain tes Mental Idiologi mereka juga akan melaksanakan materi tes Akademik, Kesehatan, Kesegaran Jasmani (Garjas), Psikologi dan Kesehatan lengkap termasuk kesehatan jiwa (Keswa).

Selanjutnya, untuk tes kesehatan lengkap digelar di Satuan Kesehatan (Satkes) Kodiklatal, tes Psikologi di Kantor Dinas Psikologi Angkatan Laut (Dispsial) Juanda, Sidoarjo, sedangkan kesegaran jasmani (Garjas) digelar di Lapangan Dewaruci, Kesatrian Bumimoro, Kodiklatal atau dilapangan garjas Puslatdiksarmil Juanda Sidoarjo.

Pada tahap akhir rangkaian tes, peserta tes akan menghadapi sidang Panitia Penentuan Akhir (Pantukhir) yang kan digelar di gedung Moeljadi sedangkan pembukaan pendidikan akan dilaksanakan di Puslatdiksarmil Juanda Sidoarjo.

📝 Endi Ruhita

Pos terkait