857 Siswa Dikmata Angkatan 42/1 Tahun 2022 Dilantik Dankodiklatal Jadi Prajurit TNI AL

  • Whatsapp

SURABAYA,

Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal), Letnan Jenderal TNI Suhartono melantik dan mengambil sumpah 857 Prajurit TNI AL strata Tamtama dalam program Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AL Angkatan ke-42 gelombang 1 TA 2022, yang dilaksanakan di Lapangan Kawah Candradimuka Puslatdiksarmil Juanda, Sidoarjo, Kamis (24/11).

Bacaan Lainnya

Adapun siswa terbaik Dikmata Angkatan 42/1 TA 2022 diraih Prada Marinir Dimas Sriatmaja yang berasal dari Kampung Jawa Ds. Pulodogom Kec. Kualu Hulu Kab. Labuhanbatu Utara Provinsi Sumatera Utara. Prada Mar Dimas Sriatmaja adalah putra dari Bapak Sriono yang bekerja sebagai Wiraswasta, dan Ibu Supriani seorang Ibu Rumah Tangga.

Pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah juga turut dihadiri Wadan Kodiklatal Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi, Irkodiklatal Brigjen TNI Marinir Amir Faisol, Kapokgadik Kodiklatal Laksma TNI Nuryadi, Para Direktur Kodiklatal, serta Komandan Kodik dan Pusdik Jajaran Kodiklatal. Upacara pelantikan ikut dimeriahkan dengan beragam demo yang dibawakan oleh siswa Dikmata 42/1, yakni berupa Tarian Papua Pangkur Sagu, Beladiri Militer, dan Debus salah satu seni bela diri dari tanah Sunda sebagai upaya melestarikan kearifan budaya lokal.

Sementara itu dalam sambutannya Dankodiklatal mengatakan bahwa dengan sumpah yang baru saja diucapkan maka saat ini para siswa secara resmi telah menjadi Prajurit TNI Angkatan Laut. Untuk itu, Dankodiklatal mengingatkan bahwa pola pikir, pola sikap dan pola tindak seluruh siswa harus mencerminkan sikap sebagai prajurit TNI matra laut di mana semua perbuatan dan tingkah laku harus selalu dilandasi oleh jiwa Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Trisila TNI AL.

“Dengan demikian, Saudara telah siap menunaikan sumpah dan tugas sebagai prajurit matra laut dimanapun nanti ditempatkan, baik di satuan operasi, KRI dan batalyon maupun di staf,” tegas Dankodiklatal.

Lebih lanjut Dankodiklatal mengungkapkan bahwa dalam setiap program pendidikan yang diselenggarakan, Kodiklatal selalu berupaya menghasilkan output Prajurit Matra Laut yang profesional, serta mampu menjawab setiap tantangan tugas ke depan yang semakin kompleks dan dinamis, yang tentunya selaras dengan program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono tentang pembangunan Sumber Daya Manusia TNI AL yang unggul.

Sumber : Dinas Penerangan Kodiklatal.

( Endi Ruhita 65 )

Pos terkait