253 Calon Prajurit TNI AL Panda Lanal Semarang Laksanakan Tes Kesamaptaan

SEMARANG.

Sebanyak 253 peserta Calon Bintara (Caba) Wanita dan Calon Tamtama (Catam) TNI AL Gelombang 1 Tahun 2023 Panitia Daerah (Panda) Semarang melaksanakan tes Kesegaran Jasmani (Garjas) yang berlangsung di GOR Tri Lomba Juang ,Jl. Tri Lomba Juang, Mugassari, Kec. Semarang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50249, Kamis (26/01/23).

Bacaan Lainnya

253 perserta tersebut terdiri dari 192 peserta Catam PK dan 61 peserta Caba PK Wanita. Adapun tes yang dilaksanakan meliputi, baterai A lari 12 menit, baterai B yang terdiri dari pull up, sit up, push up dan shuttle run serta baterai C yakni renang 25 meter. Sebelum pelaksanaan tes Garjas, dilaksanakan pengecekan Tensi terhadap para peserta seleksi oleh petugas kesehatan dari Balai Kesehatan Lanal Semarang.

Keseluruhan test kesegaran jasmani yang dilaksanakan ini bertujuan untuk mengetahui secara umum tingkat kemampuan serta ketahanan fisik para calon siswa tersebut, yang selanjutnya akan digunakan sebagai bahan untuk menentukan rangking atau peringkat dan kelolosan di tahap test samapta ini dan berhak melanjutkan ke tingkat test berikutnya.

Pada kesempatan tersebut, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Semarang Kolonel Marinir Hariyono Masturi., M.Tr.Hanla.,M.M meninjau langsung kegiatan test kesegaran jasmani tersebut serta memberikan arahan serta suport kepada para calon agar fokus serta bersungguh sungguh dalam menjalankan test dikarenakan sebagai salah satu syarat utama dan menjadi faktor penentu apakah calon siswa tersebut pantas dan layak menjadi prajurit TNI AL. Serta berharap, dengan melalui test kesegaran jasmani ini, akan didapatkan para calon Bintara dan Tamtama PK TNI AL Gelombang I Tahun 2023 yang memiliki kemampuan, kekuatan stamina dan fisik serta postur calon prajurit TNI AL yang sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan.

Sumber : Pen Lanal Semarang.

( Endi Ruhita 65 )

Pos terkait