Unsur Pesawat Udara Puspenerbal Sukses Meriahkan HUT Ke-79 TNI AL

JAKARTA, News Investigasi-86,

Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-79 TNI Angkatan Laut, Wing Udara 2 Puspenerbal turut mengirimkan unsur-unsur udaranya untuk terlibat dalam demonstrasi udara yang dilaksanakan di Perairan Utara Teluk Jakarta pada Selasa (10/9).

Bacaan Lainnya

Terdapat total 27 unsur Pesud TNI AL yang terlibat dalam demonstrasi udara dan Flypass, dimana 20 di antaranya merupakan unsur-unsur di bawah jajaran Wing Udara 2 yaitu : 5 unsur Beechcraft G-36 Bonanza, 5 unsur Piper Archer DX, 3 unsur Bell 505 Jetranger X, 1 unsur Beechcraft King Air K350i, 1 unsur NC-212 Aviocar, 3 unsur AS-565 MBe Panther dan 2 unsur UAV ScanEagle.

Sementara itu, 7 unsur yang lain dikirim dari Wing Udara 1 Tanjung Pinang dan Wing Udara 3 Biak, yaitu 1 Unsur CN-235, 3 unsur NC-212 Aviocar dan 1 unsur AS-565 MBe Panther dari Wing Udara 1 serta 1 Unsur CN-235 dan 1 unsur AS-565 MBe Panther dari Wing Udara 3 Biak.

Demo udara kali ini dipadukan secara harmoni dengan iring-iringan berbagai jenis Kapal Republik Indonesia (KRI) milik TNI AL yang berlayar melaksanakan Sailing Pass bersama-sama dengan kapal-kapal dari instansi samping seperti Basarnas, Polairud, Bakamla hingga Bea Cukai.

Bahkan puluhan kapal nelayan setempat juga tidak ketinggalan turut serta mengikuti Sailing Pass di belakangnya.

Komandan Wing Udara 2 Puspenerbal, Kolonel Laut (P) Adam Firmansyah, selaku Wakabid Demo Udara & Sailing Pass dalam HUT TNI AL ini menyampaikan, keterlibatan unsur-unsur pesawat udara dalam peringatan HUT TNI AL ini, menunjukkan eksistensi Puspenerbal sebagai pembina Alutsista Udara sebagai bagian dari Sistem Senjata Armada Terpadu dalam menjaga keamanan wilayah laut Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sumber Dispen Puspenerbal.

( Endi Ruhita 65 )

Pos terkait