Prajurit Lanal Semarang Peringati Hari Jadi TNI AL Ke-79 Tahun 2024

SEMARANG, News Investigasi-86,

Prajurit Lanal Semarang peringati hari jadi TNI Angkatan Laut yang jatuh setiap tanggal 10 September, bertempat di Lapangan Mako Lanal Semarang, Tawangsari, Kota Semarang. Hari jadi TNI Angkatan Laut ke-79 tahun 2024 ini mengusung tema “Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe TNI AL Siap Mewujudkan Nusantara Baru Indonesia Maju”. Senin (10/09/2024).

Bacaan Lainnya

Danlanal Semarang Letkol Laut (P) Akbar Abdullah, M.Tr.Opsla yang diwakilkan oleh PgS. Palaksa Lanal Semarang Mayor Laut (S/W) Santy K. Bertindak selaku Inspektur Upacara membacakan amanat Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si. yang intinya “Saya ucapkan Dirgahayu ke-79 TNI Angkatan Laut bagi seluruh Prajurit dan PNS TNI Angkatan Laut dimanapun bertugas dan berada. Upacara hari jadi ke-79 TNI Angkatan Laut tahun 2024 ini menjadi sangat istimewa, karena untuk pertama kalinya digelar di atas KRI produksi dalam negeri. Kita juga patut bersyukur bahwa di tengah berbagai situasi yang sulit ini, TNI Angkatan Laut selalu hadir dan mampu menunjukkan kapabilitasnya untuk mendukung pemerintah dalam berbagai misi perdamaian dunia, penanggulangan bencana alam, dan khususnya mobilisasi laut untuk misi mulia pengiriman bantuan kemanusiaan ke Palestina”.

Lebih lanjut “Kondisi global dan regional secara langsung maupun tidak langsung akan memberikan dampak pada negara kita. TNI Angkatan Laut sebagai simbol kejayaan kekuatan laut nasional hendaknya dapat bersikap adaptif terhadap segala perkembangan lingkungan strategis, termasuk teknologi yang menyertainya demi keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa kita. Saya berharap profesionalisme TNI AL dapat selalu dijaga dan ditingkatkan dalam menghadapi berbagai tantangan global dan nasional, seperti pelanggaran wilayah kedaulatan laut, pencurian kekayaan alam di laut, radikalisme, terorisme, ancaman siber, dan ancaman biologi, termasuk juga ancaman bencana alam”.

Panglima TNI juga menekankan pertama bekerjalah dengan niat ibadah, loyal, tulus dan ikhlas. Kedua, Jadilah TNI yang PRIMA dan TNI AL yang modern, berdaya gentar kawasan dan ber proyeksi global. Ketiga, Jaga tingkat kesiapan operasi dan kemampuan pemeliharaan seluruh Alutsista laut yang dimiliki. Keempat, lakukan terobosan-terobosan yang inovatif dan kreatif sesuai dengan marwah TNI Angkatan Laut yang berwawasan internasional. Kelima, Pupuk dan per teguh komitmen sinergitas dan soliditas TNI dengan Polri dan Kementerian/Lembaga lain berbasis Saptamarga, Sumpah Prajurit, dan Delapan Wajib TNI.

Sumber Penerangan Lanal Semarang.

( Endi Ruhita 65 )

Pos terkait